Diguyur Hujan, Peserta Raimuna Tetap Semangat

0
42
Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Malam pertama Raimuna Nasional XI, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, diguyur hujan lebat. Meski demikian, peserta Raimuna tetap semangat mengikuti rangkaian kegiatan yang digelar malam ini. Salah satunya talk show dengan sejumlah tokoh.

Pantauan di lapangan, hujan memang terlihat sangat deras di area Buperta Cibubur yang menjadi lokasi kemah 15.000 Pramuka dari seluruh Indonesia. Bagi yang tidak biasa berkemah dan hidup di alam terbuka, situasi seperti ini memang menyulitkan. Tapi bagi Pramuka tidak.

“Bagi kami hujan adalah nikmat, bukan sesuatu yang harus ditakuti,” ujar Kak Marfah, kontingen dari Jakarta Selatan.

Justru dengan hujan itu, kata dia, banyak sisi positif yang bisa diambil, misalnya semangat gotong royong, kekompakan, kerja keras, disiplin, dan cinta kebersihan. “Misalnya kalau tenda kita roboh, maka kita harus bekerja gotong royong membangun kembali, setelah itu kita bersihkan, persaudaraan kita jadi semakin kuat,” jelasnya.

Kak Andi Saifuddin, kontingen asal Sulawesi Selatan mengungkapkan hal yang sama. Menurutnya, Pramuka harus siap menghadapi hambatan dan rintangan dalam situasi apa pun. Ia mengaku merasakan betul manfaat pendidikan yang diajarkan di Gerakan Pramuka. “Pramuka tidak boleh mengeluh, tidak boleh panik, harus tenang dan sabar menghadapi tantangan. Hujan itu bukan halangan,” jelasnya.

Diketahui, Raimuna Nasional diikuti 15.000 peserta dari 34 Provinsi dan 514 kota/kabupaten. Kegiatan ini akan berlangsung sampai 21 Agustus 2017. Acara pembukaan pagi tadi dihadiri Presiden Joko Widodo dan para pejabat tinggi negara. Mereka menyaksikan langsung perhelatan akbar Raimuna sekaligus peringatan Hari Pramuka ke-56. (HA/AK)

LEAVE A REPLY