BALIKPAPAN – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kak Yohana Susana Yembise akan hadir pada pembukaan Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) IlI Tahun 2017, di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur, Minggu 19 November 2017.

Kepastian kehadiran Kak Yohana dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Bina Anggota Dewasa (Binawasa) Kak Susi Yuliati. Kwarnas mengundang Yohana karena ia dinilai memiliki kemampuan dan kapasitas yang tepat dalam urusan pemberdayaan perempuan.

“Kami mengundang beliau untuk hadir karena memang Ibu Yohana punya kapasitas dan kemampuan dalam urusan pemberdayaan perempuan. Alhamdulillah beliau tadi siang sudah memberi kabar siap hadir di acara Perkempinas,” ujar Kak Susi, di Balikpapan, Jumat (17/11).

Rencananya, Menteri asal Papua itu akan menjadi salah satu nara sumber dalam acara jumpa tokoh dengan para peserta Perkempinas. Kak Susi mengungkapkan, Kak Yohana bakal menyampaikan materi menyangkut berbagai isu, persoalan, dan tantangan yang dihadapi perempuan Indonesia.

“Beliau selalu menegaskan bahwa perempuan dan anak-anak merupakan pilar penting dalam pembangunan negara, sehingga harus dilindungi. Karenanya sebuah negara baru bisa dianggap maju, apabila perhatian pada kesejahteraan serta sarana bagi perempuan dan anak sudah terpenuhi,” jelasnya.

Sementara itu, Kak Yolanda, penanggung jawab bidang kegiatan Perkempinas mengatakan, Menteri Yohana akan menyampaikan tiga materi. Pertama, strategi mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, kedua, mengakhiri perdagangan manusia, dan mengakhiri hambatan terhadap keadilan ekonomi.

“Nanti juga ada pelatihan dasar wanita mempertahankan diri dalam kondisi tindak kriminal atau pelecehan,” ungkapnya.

Diharapkan, apa yang disampaikan Kak Yohana bisa memberikan dampak positif bagi Pramuka perempuan Indonesia. Peserta akan terbuka wawasannya tentang berbagai persoalan yang dihadapi perempuan. Lebih jauh, mereka diharapkan bisa menjadi penggerak di masyarakat dalam hal pemberdayaan perempuan.

“Harapannya dengan ilmu dan bekal yang sudah didapat, peserta bisa lebih peka dan memahami berbagai isu atau persoalan yang dihadapi perempuan. Untuk selanjutnya mereka bisa bergerak dan bisa melakukan sesuatu yang positif di masyarakat,” tandasnya.

Selain Kak Yohana, Perkempinas rencananya juga akan dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Kak Puan Maharani, Menteri Kesehatan Kak Nila F. Moeloek, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Kak Susi Pudjiastuti.

Diketahui peserta Perkempinas adalah Pramuka Penegak dan Pandega putri usia 17-24 tahun. Mereka adalah Pramuka yang tercatat aktif di Gugus Depan. Kak Susi mengungkapkan rencananya, sesuai target kegiatan ini akan diikuti 1.550 peserta, dan tahun ini ketiga kalinya Perkempinas diadakan oleh Kwarnas. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar