JAKARTA – Kegiatan Perkemahan Putri Tingkat Nasional (Perkempinas) III di Bumi Perkemahan Pantai Manggar, Balikpapan, Kalimantan Timur pada 19-24 November 2017 diyakini bisa mendongkrak pariwisata di Kalimantan Timur, khususnya di Balikpapan. Terlebih, even berskala nasional itu digelar di kawasan pantai Manggar.

Hal itu disampaikan Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Urusan Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kak Sari Majid. Ia mengungkapkan, sejak Manggar ditetapkan sebagai lokasi Perkempinas, masyarakat dan Pramuka bahu membahu membersihkan dan merapikan tempat ini.

“Sejak satu minggu kemarin anak-anak Pramuka sudah turun bersama masyarakat untuk ikut kerja bakti membersihkan dan merapikan Pantai Manggar,” ujar Kak Sari saat dihubungi, Minggu (5/11/2017).

Dengan kerja bakti ini, diharapkan Pramuka memberi contoh kepada masyarakat agar selalu mencintai lingkungan. Artinya, bila mengacu kepada Sapta Pesona yang ditetapkan pemerintah, maka kebersihan menjadi salah syarat yang harus dilakukan agar objek pariwisata tetap ramai dikunjungi.

“Jadi Pramuka bukan hanya sekadar kemah, tapi juga harus bisa menjadi contoh yang baik bagaimana menjaga lingkungan. Manggar adalah tempat wisata yang bagus di Balikpapan, maka masyarakat dan Pramuka harus bisa menjaganya,” jelasnya.

Mewakili Kwarnas Gerakan Pramuka sebagai penyelenggara kegiatan ini, Kak Sari menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Kota Balikpapan yang sudah memberikan izin untuk menggunakan Pantai Manggar sebagai lokasi Perkempinas.

“Mulai dari tanggal 1 kemarin lokasi ini sudah dinyatakan steril. Terima kasih kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang sudah mendukung kegiatan ini,” jelasnya.

Perkempinas akan dibuka pada 19 November 2017. Sejumlah tokoh dijadwalkan hadir, di antaranya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, Menteri Koordinator PMK, Puan Maharani. Ada pula Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak, Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, serta para tamu undangan dari Tim PKK, Pimpinan Kwarda Kaltim dan Kwarcab Balikpapan. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar