Resmi Ditutup, Ini Pesan Kak Adhyaksa untuk 15.000 Peserta Raimuna Nasional

0
95
Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Sebanyak 15.000 peserta Raimuna Nasional XI dari 34 Provinsi dan 514 kota/kabupaten berkumpul di lapangan utama Cibubur, Jakarta Timur, pada Minggu (20/8) malam. Mereka mengikuti acara penutupan Raimuna, setelah lebih dari seminggu berkemah dan mengikuti berbagai kegiatan menarik.

Upacara penutupan dipimpin oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault. Kepada para peserta, Kak Adhyaksa menyampaikan beberapa pesan.

Pertama, ia meminta kepada peserta untuk mengabadikan kegiatan Raimuna ini dengan membuat konten positif, baik foto, tulisan maupun video, lalu dipublikasikan di medsos.

“Buatlah tulisan, video dan foto tentang Raimuna Nasional ini. Posting di media sosial adik-adik. Banggalah menjadi Pramuka dan Indonesia. Apalagi adik-adik adalah alumnus Raimuna Nasional. Kebanggaan dan kecintaan akan melahirkan karya,” ujar Kak Adhyaksa.

Kedua, Kak Adhyaksa meminta peserta membuat jaringan sebagai alumnus Raimuna Nasional yang kuat. Dengan jumlah peserta yang terdiri dari Sabang sampai Marauke menandakan bahwa Pramuka adalah perekat NKRI.

“Pramuka perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan adik-adik alumnus Raimuna berada di garda depan tugas mulia tersebut. NKRI harga mati ada di tangan adik-adik Pramuka,” lantangnya.

Kak Adhyaksa juga menyampaikan harapannya agar peserta Raimuna Nasional menjadi pemimpin-pemimpin masa depan Indonesia.

“Kakak yakin, di antara kalian ada yang jadi pengusaha, bupati, gubernur, bahkan presiden. Kalau nanti adik-adik jadi presiden, jangan lupa Kakak ya,” tukasnya.

Kak Adhyaksa menambahkan, jika kelak peserta Raimuna jadi pemimpin, hendaknya jangan mempersulit Gerakan Pramuka. “Jadilah pemimpin yang mempermudah Gerakan Pramuka, bukan mempersulit,” tegasnya disambut tepuk meriah ribuan peserta Raimuna.

Ketiga, gunakan media sosial untuk membela Pancasila, NKRI, dan memberitakan kegiatan Pramuka.

“Ingat tagline Kwarnas Gerakan Pramuka: setiap Pramuka adalah kantor berita. Ingat juga 10 tugas Pramuka di media sosial,” kata pria berkumis ini.

Kak Adhyaksa juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh wartawan dan media yang telah mendukung kegiatan Raimuna Nasional dari segi pemberitaan. Dukungan media, kata dia, begitu besar meskipun tak dibayar.

“Terima kasih rekan-rekan wartawan dan media. Hampir semua media mengikuti terus kegiatan Raimuna Nasional. Ini tanda mereka peduli dengan Pramuka,” tegasnya.

Dalam acara itu, Kak Adhyaksa juga memanggil Ketua Dewan Kerja Daerah (DKD) Gerakan Pramuka seluruh Indonesia ke atas panggung. Menurutnya, mereka telah bekerja keras untuk menyukseskan Raimuna bersama Dewan Kerja Nasional.

Selain itu, diberikan pula cinderamata dan penghargaan kepada tujuh perwakilan kontingen luar negeri. Yaitu Malaysia, Singapore, Taiwan, Pakistan, Nepal, India dan Bangladesh. Ribuan lampion dan kembang api semakin menambah kemeriahan acara penutupan malam tadi. Di akhir acara, peserta Raimuna Nasional meneriakkan NKRI Harga Mati. (HA/MSA/AK)

LEAVE A REPLY