JAKARTA – Ratusan peserta Raimuna Nasional mengunjungi Kantor Berita Antara di Jalan Antara, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (18/8). Kunjungan ini dalam rangkaian Tur Edukasi Raimuna Nasional XI 2017. Melalui Tur Edukasi ini, peserta Raimuna Nasional dilatih untuk memproduksi berita, mulai dari dari tahap penulisan hingga editing berita.

Antara merupakan salah satu kantor berita yang menyediakan jasa berbagai produk berbasis informasi. Kak Bambang Purwanto, Kepala Divisi Pemberitaan Internasional dan Ekonomi Antara menjelaskan, Antara didirikan oleh Kak Adam Malik yang pernah menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketiga.

“Saat masa perjuangan RI merebut kemerdekaan, pemuda Indonesia seperti Adam Malik, ikut berjuang melalui sebuah kantor berita. Namun kantor berita yang lahir pada 13 Desember 1937 tersebut belum mempunyai nama. Kemudian Kak Adam Malik dan rekannya, Kak Soemanang dan Kak Pandu Partawiguna, memutuskan untuk memberi nama Antara yang menurut mereka cocok dengan fungsinya sebagai perantara (di bidang pemberitaan),” kata Bambang saat dihubungi via Whatsapp.

Bambang menambahkan, Kantor Berita Antara bekerjasama dengan beberapa negara, baik secara multilateral maupun bilateral. Secara multilateral, Antara bekerjasama dengan organisasi kantor-kantor berita Asia Pasifik serta konfederasi wartwan ASEAN. Sedangkan secara bilateral dengan kantor berita Bernama (Malaysia), VNA (Vietnam), TNA (Thailand), Reuters (Inggris), Anadolu (Turki), Irna (Iran), dan beberapa negara lainnya.

“Kunjungan adik-adik Pramuka ke Antara tadi adalah langkah yang tepat karena saat ini adalah era informasi, di mana Antara menjadi penyalur informasi, yaitu teks, foto, tv dan infografis. Tidak saja di Indonesia tetapi juga ke luar negeri. Selain itu, hampir seluruh media di Indonesia berlangganan Antara yang bekerjasama dengan pihak-pihak luar negeri,” pungkasnya. (DA/AK)

Tinggalkan Komentar