Tak Sekadar Bidik Sasaran, Ini Manfaat Panahan bagi Pembentukan Karakter

0
42
Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Raimuna Nasional XI 2017 tidak melulu berisi kegiatan kepramukaan. Salah kegiatan menantang adalah panahan yang dilaksanakan di Arboretum Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Kegiatan panahan dan archery tag termasuk ke dalam Zona Adventure Land di Raimuna. Kak Imam, instruktur sanggar panahan dan archery tag menuturkan, banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari olah raga yang membutuhkan busur dan panah ini.

“Adapun panahan ini dapat melatih banyak sekali aspek. Seperti melatih fokus, daya tahan tubuh, kesabaran, ketenangan, dan tentu saja keberanian,” jelasnya saat ditemui di lokasi (18/8).

Lebih rinci, Imam menjelaskan beberapa manfaat panahan tersebut. Menurutnya, panahan dapat melatih fokus karena selalu ada target yang dibidik, sehingga secara langsung melatih seseorang untuk membangun fokus dan konsentrasinya.

Kedua, melatih daya tahan tubuh. Dalam panahan ini, kata Imam, memang terlihat simpel dan hampir tidak bergerak. Tetapi, justru gerakan dalam olah raga panahan mulai dari membawa busur hingga melepaskan panah ke target, dapat melatih otot bagian bisep dan trisep.

Dalam membidik sasaran, lanjut Imam, seorang pemanah memerlukan kesabaran dan tidak boleh tergesa-gesa. Karena tanpa kesabaran, panah tidak akan mengenai sasaran. Setelah membidik sasaran, keberanian untuk melepaskan panah pun dilatih. Dibantu dengan kemampuan menganalisis arah angin, pemanah harus berani melepaskan anak panah.

Imam berharap, dengan adanya pelatihan panahan dan archery tag ini peserta Raimuna Nasional dapat menjadi pribadi yang berkarakter unggul sesuai motto Raimuna Nasional XI, yaitu KIBAR (Kreatif, Inovatif dan Berkarakter). (IS/AK)

LEAVE A REPLY