Salam Maritim! KASAL Ajari Peserta Raimuna Nasional Yel-yel TNI AL

0
55
Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Ade Supandi hadir dalam Variety Show Raimuna Nasional di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Sabtu malam (19/8). Ade hadir bersama Ketua MPR RI Kak Zulkifli Hasan untuk menginspirasi 15.000 peserta Raimuna Nasional XI 2017.

Dalam kesempatan itu, Ade sempat mengajari peserta semboyan dan yel-yel TNI AL.

“Salam Maritim! Jaya di laut, perkasa di udara, sejahtera di darat!” seru Kak Ade membuka sesi diskusinya yang diikuti ribuan peserta.

Kak Ade menjelaskan, jaya di laut artinya tidak ada yang bisa mengelola laut Indonesia selain bangsa Indonesia sendiri. Perkasa di udara menggambarkan wilayah negara yang vertikal, yakni kekayaan Indonesia yang berada di batas wilayah laut hingga ke udara. Sedangkan sejahtera di darat, menggambarkan bahwa kekayaan di laut merupakan sumber kesejahteraan kehidupan di darat.

Lulusan Akademi Angkatan Laut tahun 1983 itu menuturkan, Indonesia adalah negara yang kaya, karena tidak ada negara kepulauan lain yang mengalahkan banyaknya jumlah pulau di Indonesia. Selanjutnya, kata dia, berdasarkan deposit Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) per tahun 2017, dari 16.056 pulau di Indonesia, masih ada 900 pulau tak bernama yang belum tercatat secara resmi.

“Oleh karena itu, anak-anak bangsa seperti Pramukalah yang akan meneruskan dan menjaga kekayaan NKRI ini. Itu pekerjaan adik-adik sekalian untuk memberi nama pulau-pulau itu kelak,” ujar orang nomor satu di TNI AL.

Selain itu, Ade juga berharap Pramuka terus mempertahankan kearifan lokal, menjaga peninggalan leluhur, dan tidak melupakan bahasa daerahnya masing-masing. Dia juag sempat memberikan kuis untuk para peserta mengenai nilai-nilai kebangsaan seperti Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, dan potensi perekonomian daerah masing-masing. Diskusi diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama 15.000 Pramuka Penegak dan Pandega yang hadir. (AWL/AK)

LEAVE A REPLY