JAKARTA – Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Kak Ade Supandi mengahdiri acara jumpa tokoh di Raimuna Nasional XI, Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Sabtu (19/8) malam. Laki-laki kelahiran Batujajar, Bandung, Jawa Barat ini menularkan inspirasi dan motivasi kepada 15.000 Pramuka peserta Raimuna Nasional.

Kak Ade mengatakan, ada tiga hal yang harus dilakukan Pramuka agar karakternya sebagai anak bangsa tidak luntur. Pertama, jangan pernah menghilangkan bahasa daerah. Kedua, menjaga kearifan lokal daerah masing-masing.

“Ketiga, harus menjaga apa yang menjadi warisan leluhur, jangan sekali-sekali kalian hancurkan,” ujar Kak Ade.

Melalui kegiatan ini, Kak Ade percaya Pramuka mampu menjaga persatuan bangsa. Sebab, kegiatan ini diikuti seluruh perwakilan Indonesia. Mereka datang bukan hanya untuk bersenang-senang, melainkan membawa misi persatuan melalui budaya dan kearifan lokal.

“Kali ini Kakak bangga karena kalian datang dengan karakter yang kuat sebagai anak bangsa. Mampu menjaga tradisi di tengah banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia,” katanya.

Tidak lupa, Kak Ade juga meminta Pramuka ikut serta menjaga kekayaan laut Indonesia dengan mempelajari ilmu geografi. Pasalnya, wilayah Indonesia mayoritas adalah lautan. “Wilayah laut kita sangat luas, Pramuka harus ikut serta menjaga keseimbangan lingkungan di wilayah laut Indonesia,” jelasnya.

Ia juga mengungkapkan, jumlah pulau Indonesia mencapai ribuan. Banyak di antaranya belum memiliki nama. “Ada 16.056 nama pulau yang sudah diakui Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Jadi, hidup di Indonesia jangan melupakan nama pulau. Tugas kita untuk memberi nama untuk diserahkan ke PBB,” tandas Kak Ade.

Selain itu, laki-laki yang kini sedang menempuh pendidikan S3 di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga berpesan agar Pramuka turut berpartisipasi membangun bangsa. Sebab, Pramuka dilatih untuk bersikap mandiri serta berpikir kreatif. Pramuka, lanjut dia, juga harus bisa menjadi inspirasi bagi banyak orang, minimal di lingkungan sekitar. (AA/HA/AK)

Tinggalkan Komentar