JAKARTA – Ribuan Pramuka memeriahkan Festival dan Karnaval Budaya dalam acara Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur, Minggu pukul 08.00-11.30 WIB (20/8).

Berbagai kesenian, budaya, baju adat, lagu-lagu daerah, dan kekayaan budaya daerah lainnya dari 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten seluruh Indonesia ditampilkan. Di lokasi juga terlihat para peserta membuat kostum sendiri yang mencerminkan ikon daerahnya.

Para peserta Festival dan Karnaval Budaya mengelilingi Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur mulai dari Lapangan Utama dan kembali ke lapangan Utama Lagi. Sepanjang jalan di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur dipenuhi ribuan manusia yang menyaksikan kegiatan ini.

“Ini salah satu rangkaian kegiatan Raimuna Nasional XI Gerakan Pramuka 2017. Festival dan Karnaval Budaya menunjukkan kekayaan bangsa indonesia,” kata Kak Yudha, Ketua Dewan Kerja Nasional, saat membuka kegiatan.

Sementara itu, Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault menjelaskan, banyak hal bisa didapat dari Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka. Terlebih berbagai daerah dari seluruh Indonesia dan beberapa negara sahabat berkumpul di Cibubur.

“Di Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, 15.000 Pramuka usia 16-25 tahun ini merasakan benar manfaat bahasa persatuan Indonesia. Di sini perbedaan menjadi kekuatan, lewat pawai budaya, festival kuliner, pentas seni, kerajinan tangan, dll, adik-adik Pramuka belajar langsung kebhinnekaan. Setidaknya dua harapan kita, mereka makin bangga dan mencintai Indonesia, dua itu akan mendorong mereka berkarya serta berprestasi,” terang Kak Adhyaksa

Raimuna Nasional adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dari 34 Provinsi dan 514 kota/kabupaten di Indonesia. Inilah pertemuan generasi millennial dan generasi Z terlengkap di Indonesia. Hari ini, Raimuna memasuki hari terakhir sebelum penutupan yang bakal digelar nanti malam

Tinggalkan Komentar