5000 Lampion Diterbangkan di Raimuna Nasional

0
33
Foto: Dok. Humas Kwarnas

JAKARTA – Sebanyak 5000 lampion diterbangkan di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta dalam Rangkaian kegiatan Raimuna Nasional XI. Penerbangan lampion dalam rangka Malam Refleksi Kebangsaan ini dilakukan 15.000 Pramuka dari seluruh Indonesia.

Ketua Bagian Pentas Seni Budaya, Kak Yugo Mantias Nurcahyo mengatakan, pelepasan 5000 lampion itu untuk memancing emosional dan nasionalisme peserta Raimuna Nasional.

“Pelepasan lampion ini dilaksanakan pada bagian akhir kegiatan untuk menciptakan nuansa romantis yang tidak akan dilupakan oleh peserta Raimuna,” ujar Kak Yugo.

Dia menjelaskan, lampion tersebut dibuat oleh Saka Bhayangkara Bojonegoro. Sebelumnya Saka Bhayangkara Bojonegoro juga turut menyumbangkan kembang api dalam pembukaan Raimuna Nasional.

“Lampion beserta kembang api sumbangan dari Saka Bhayangkara Bojonegoro. Itu merupakan bentuk partisipasi mereka dalam acara Raimuna Nasional ini, mereka memberikan kembang api mulai dari acara pembukaan, malam refleksi kebangsaan dan terakhir penutupan,” jelas Kak Yugo.

Sebelumnya, Malam Refleksi Kebangsaan diisi variety show bersama pemilik Transcorp Chairul Tanjung, orasi kebangsaan oleh Kak Pandji Pragiwaksono dan penampilan dari musisi Kikan yang membakar semangat peserta dengan lagu-lagu nasional yang dibawakan.

“Di sini kita bisa melihat Indonesia dengan segala toleransi dan rasa persatuan, oleh karena itu kita menekankan rasa nasionalisme pada acara ini. Karena NKRI sendiri tidak akan berdiri tanpa orang yang mencintai NKRI,” tambahnya.

Perlu diketahui, Raimuna Nasional XI kali ini diikuti 15.000 Pramuka Penegak dan Pandega dari 541 kota dan kabupaten dari seluruh Indonesia. Raimuna kali ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan HUT Pramuka ke- 56 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, 13-21 Agustus 2017. (BDN/AK)

LEAVE A REPLY