JAKARTA – Semboyan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang berbunyi “Setiap Pramuka adalah Kantor Berita” bakal semakin bergema dengan program U-Report yang diluncurkan UNICEF. U-Report adalah sistem polling yang mengumpulkan pendapat anak-anak muda, khususnya Pramuka, mengenai berbagai topik penting, mulai dari pendidikan, gizi, pernikahan anak, hingga bullying.

Kak Vania Santoso, perwakilan UNICEF Indonesia mengatakan, program U-Report cocok dengan semboyan Kwarnas di media sosial tersebut. Pasalnya, melalui U-Report Pramuka dapat berkontribusi langsung dalam mengatasi isu-isu kunci di masyarakat.

“Dengan mendaftar menjadi U-Reporters (sebutan untuk anggota terdaftar U-Report), para Pramuka dapat lebih menggiatkan semboyan ‘Setiap Pramuka adalah Kantor Berita,'” jelas Kak Vania saat ditemui di Aula Dasa Darma Buperta Cibubur (18/8).

Tidak hanya menghimpun suara pemuda, hasil U-Report kemudian diteruskan kepada pembuat kebijakan, misalnya pemerintah, pihak swasta, atau mitra-mitra terkait. Karena itu, setiap pendapat U-Reporters memiliki pengaruh cukup besar dalam perencanaan program nasional.

Ada dua cara simpel yang dapat dilakukan Pramuka untuk mendaftar menjadi U-Reporters. Pertama, melalui SMS gratis dengan mengetik ‘PRAMUKA’ dan kirim ke 94567. Kemudian, jawab pertanyaan mengenai umur, gender, dan asal provinsi, hingga mendapatkan angka ID unik sebagai identitas U-Report.

Kedua, melalui halaman Facebook U-Report Indonesia dengan menyukai halaman tersebut terlebih dahulu, kemudian kirim pesan ‘PRAMUKA’ melalui inbox Facebook. Selanjutnya, jawab pesan mengenai usia, gender, dan asal provinsi untuk mendapatkan nomor ID unik.

“Para Pramuka jangan sampai lupa untuk mendaftar U-Report, ya! Agar menjadi pemuda KIBAR (kreatif, inovatif, berkarakter) sekaligus kantor beritanya Pramuka,” pungkas wanita berambut pendek itu. (AST/AK)

Tinggalkan Komentar