JAKARTA – Salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu para peserta Raimuna Nasional XI 2017 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur adalah pentas seni budaya daerah (Pensibud). Kegiatan ini menampilkan budaya khas masing-masing daerah.

Salah satu yang menyita perhatian adalah penampilan dari kontingen Sumatra Barat, yang menampilkan Tarian Piring. Uniknya, tarian khas suku Minang tersebut ditambah atraksi menari di atas pecahan kaca alias beling.

“Penampil diharuskan untuk menjaga keseimbangan piring di tangan, sekaligus mengatur langkah agar kaca yang diinjak tidak melukai telapak kaki,” tutur Kak Yulius, Pimpinan Kontingen Daerah Sumatra Barat (Pinkonda).

Untuk menampilkan tarian ini, dilakukan seleksi ketat dari 19 Kwartir Cabang di Sumatera Barat dan rapat koordinasi khusus untuk memilih kandidat terbaik untuk mewakili Sumatera Barat di Pensibut Raimuna Nasional.

“Kami berlatih lebih dari satu bulan untuk mempersiapkan dan memaksimalkan Pensibud di Raimuna Nasional. Segala teknis dan kebutuhan kami sediakan demi penampilan yang maksimal,” ungkapnya.

Pria berdarah asli Minang tersebut berharap penampilan Tari Piring dalam Pensibud Raimuna Nasional dapat memperkenalkan salah satu budaya khas Sumatera Barat kepada masyarakat luas. (AST/AK)

Tinggalkan Komentar