JAKARTA – Kepala Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Gerakan Pramuka Kota Bontang, Kak Budi Supriyanto menerima Tanda Penghargaan Orang Dewasa (TPOD) Melati Pramuka. Tanda penghargaan tersebut diberikan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault saat Upacara Peringatan HUT RI ke-72 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Kamis pagi (17/8).

Hebatnya, ini adalah kali kedua ia menerima lencana melati, setelah 2015 lalu mendapatkan lencana yang sama. Di balik prestasinya meraih penghargaan tersebut itu, banyak perjuangan yang ia lakukan hingga saat ini.

Kak Budi menjelaskan, dirinya telah menjadi anggota Dewan Kerja Daerah (DKD) Kota Malang pada usia 20 tahun, sebelum akhirnya hijrah ke Bontang, Kalimantan Timur. Setelah itu, ia terus berkiprah di Kota Bontang hingga saat ini. Ia dinilai punya andil besar membesarkan Kwartir Cabang Kota Bontang.

“Saya akan terus berjuang dalam Gerakan Pramuka, karena penghargaan ini tidak boleh putus, bahkan hingga pancawarsa-pancawarsa selanjutnya,” tutur Kak Budi yang kini telah menginjak pancawarsa ke-6 di Gerakan Pramuka.

Lencana Melati adalah tanda penghargaan yang diberikan kepada seorang yang dianggap telah memberikan jasa dan pengabdian besar bagi Gerakan Pramuka. Lencana Melati diberikan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sebagai tanda bahwa jasa tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan Gerakan Pramuka dan/atau gerakan kepramukaan di dunia.

“Saya sangat bangga dan senang. Karena mendapat Lencana Melati itu tidak semudah apa yang saya bayangkan. Ini bisa menjadi teladan dan contoh yang baik bagi generasi selanjutnya, khususnya para Pramuka Indonesia,” tutupnya. (BDA/AK)

Tinggalkan Komentar