JAKARTA, Kegiatan Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka memasuki hari ke-2. Salah satu acaranya hari ini ialah rover challenge cabang kegiatan mountaineering, dilaksanakan di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (15/8).

Dipandu Kak Zainul Arifin (Koordinator Umum Kegiatan) dan Kak Achmad Erry Prayoga (Koordinator Lapangan), peserta Raimuna Nasional melakukan aktivitas climbing (panjat pinang) dan rappelling (turun tebing). Mereka berdua dibantu instruktur dari Satuan Karya (Saka) Pramuka Wirakartika Krida bidang Mountaineering.

Acara ini tampak beda. Peserta rover challenge kali ini ada yang berasal dari kontingen luar negeri. Mereka dari kontingen India (5 orang), Nepal (1 orang), Singapura (3 orang) dan Taiwan (1 orang).

Kegiatan jadi makin seru. Panitia, pemandu dan peserta lainnya merasa senang karena kegiatan ini juga diikuti Pramuka dari mancanegara. Bukan hanya itu, peserta Raimuna Nasional kontingen mancanegara merasa senang bisa bergabung, beraktifitas bersama peserta Raimuna Nasional dari dalam negeri.

Kak Zainal menjelaskan, kegiatan Rover Challenge ini akan berbuah baik, mendidik adik-adik Pramuka menjadi diri yang luar biasa. “Setiap peserta tidak hanya datang dan berkemah, tetapi mampu membawa pengalaman,” ujarnya, saat memandu aktivitas Climbing di lokasi, Selasa (15/8).

Menurut Kak Zainul, para peserta Raimuna Nasional tidak akan mudah menyerah dalam rover challenge ini. Pasalnya, akuinya, anggota Gerakan Pramuka tidak gampang menyerah, memiliki keberanian yang tinggi dan jiwa yang kuat.

“Jadilah perempuan berjiwa laki-laki, dan laki-laki berjiwa singa. Kalian itu harus berani, tantangan seperti ini akan mudah jika kita menyukainya, anggap tebing dan tali sebagai temanmu, kuatkan diri kalian, dan jangan menjadi anggota Pramuka yang lemah,” pungkasnya.(DN/MSA)

Tinggalkan Komentar