JAKARTA – Masih dalam rangkaian Hari Pramuka ke-56, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta, menggelar aksi donor darah di Auditorium Kwarnas, Jalan Merdeka Timur No. 6, Jakarta Pusat, Rabu (16/8).

Panitia pelaksana kegiatan, Kak Karmi mengatakan, donor darah di Kwarnas rutin dilaksanakan setiap tiga bulan. Kali ini spesial karena bersamaan dengan rangkaian peringatan hari Pramuka ke-56. Kegiatan ini, kata dia, merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial Kwarnas terhadap masyarakat, sebagaimana tema yang diusung, yaitu “Setetes Darah Anda, Berarti Hidupku.”

Kwarnas juga membuat edaran kepada Kwartir Daerah untuk menyelenggerakan kegiatan yang sama, walaupun dalam pelaksanaannya, waktunya berbeda-beda. “Mereka bervariasi, tidak serentak  di tanggal 16 (hari ini). Ada yang menyelenggarakan di tanggal sebelumnya juga,” ungkapnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 ini berakhir pukul 11.00 WIB. Dari total 100 kantong yang disediakan, tercatat ada 49 kantong darah yang terkumpul dari para pendonor.

Kak Basuki, salah satu pendonor yang juga Staf Kwarnas mengatakan, dari tahun 1995 ia rutin mendonorkan darahnya. Baginya, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial yang bisa ia lakukan untuk membantu sesama.

“Saya peserta (donor darah) rutin, dari tahun 1995 sampai sekarang saya sudah yang ke-78 kali,” katanya penuh semangat.

Menurutnya, apa yang kita berikan saat ini, sangat berarti buat mereka suatu saat nanti. “Setetes darah kita, dapat membantu menyelamatkan jiwa mereka,” pungkasnya. (MUS/AK)

Tinggalkan Komentar