Basarnas Bekali Pramuka Ilmu Water Rescue di Raimuna Nasional

0
39
Foto: Dok. Humas Kwarnas#rainaspramuka

JAKARTA – Badan SAR Nasional (Basarnas) membekali 15.000 peserta Raimuna Nasional XI 2017 tentang ilmu penyelamatan di dalam air atau water rescue. Kegiatan yang berlangsung di Danau Situ Baru, Buperta Cibubur, Jakarta Timur, Rabu pagi (16/8) tersebut dibagi menjadi empat station. Masing-masing station memiliki materi berbeda tetapi saling berhubungan.

Di station pertama peserta diberi materi medis pertolongan pertama, yaitu Resusitasi Jantung Paru (RJP). RJP merupakan metode untuk mengembalikan fungsi napas dan sirkulasi tubuh yang terhenti. Station kedua berisi materi pelemparan alat bantu penyelamatan untuk korban yang tenggelam. Station ketiga berisi materi teknik curry, yaitu teknik membawa korban dalam air sambil berenang. Pada station keempat ada materi teknik mengangkat korban yang tenggelam di dalam air.

Selain menyampaikan materi, Basarnas juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mempraktikkan langsung materi-materi yang sudah diberikan. “Di ini kita dari teman-teman Basarnas sharing tentang ilmu yang kita miliki dalam menyelamatkan korban dalam air,” ungkap instruktur Basarnas yang bertugas, Kak Aswandi.

Dia menambahkan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta Raimuna Nasional tentang teknik-teknik water rescue, sehingga mereka memiliki bekal yang cukup jika suatu saat terjadi musibah di air.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya harap teman-teman Pramuka setidaknya muncul kesadaran untuk mempersiapkan keselamatan apabila sedang berada di laut, danau ataupun sungai,” tegas anggota Basarnas tersebut.

Kak Aswandi juga berharap, peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa membagikan pengetahuan dan pengalamannya kepada teman-teman Pramuka lainnya yang tidak bisa mengikuti Raimuna Nasional. (AF/AWL/AK)

LEAVE A REPLY