JAKARTA – Bertepatan dengan peringatan Hari Pramuka ke-56 dan Pembukaan Raimuna Nasional XI Tahun 2017, Pemerintah meluncurkan prangko bertema Raimuna Nasional. Prangko edisi khusus tersebut ditandatangani Presiden RI Kak Joko Widodo saat membuka kegiatan Raimuna Nasional di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, Senin (14/8).

Ketua Panita Peringatan Hari Pramuka ke-56, Kak Kodrat Pramudho mengatakan, peluncuran prangko Raimuna Nasional XI Tahun 2017 merupakan inisiasi dari Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kementerian Kominfo bekerjasama dengan PT. Pos Indonesia. Perangko itu dibuat sebagai pengingat Hari Pramuka dan Raimuna Nasional.

“Saat ini penggunaan prangko sudah jarang, karena perkembangan teknologi yang maju. Maka dari itu kita menerbitkan prangko khusus ini sebagai pengingat adanya kegiatan Raimuna nasional,” ungkapnya.

Prangko bernilai Rp5000 tersebut bergambar logo Raimuna Nasional XI. Logo siluet Garuda mengandung arti bahwa peserta Raimuna Nasional XI haruslah Pramuka Garuda. Dua sayap Garuda terbentang melambangkan penyelenggaraan Raimuna Nasional ke-11, sementara warna ungu adalah warna WSOM (organisasi kepanduan dunia) yang mengambarkan kesejukan. Kemudian kepala Garuda menghadap ke kanan artinya generasi muda menatap masa depan.

“Logo Garuda itu juga melambangkan dasar negara Indonesia yang mempunyai nilai-nilai kebangsaan,” tambah Kak Kodrat.

Sementara itu, pembuat logo Raimuna Nasional 2017 Kak Dicky Mardona menjelaskan, peluncuran prangko hari peringatan biasanya dilakukan untuk memperingati hari-hari besar. Salah satunya prangko hari Pramuka yang biasanya dilakukan setiap tahun.

“Hari Pramuka kali ini bertepatan dengan pembukaan Raimuna Nasional, maka dijadikan satu. Setiap tahun ada. Tahun kemarin berbarengan dengan Jambore Nasional,” katanya.

Selain prangko, Pemerintah juga meluncurkan sampul surat (amplop) dengan desain bergambar maskot Raimuna Nasional, yaitu Badak Bercula Satu bernama “Ino”. Maskot “Ino” melambangkan hewan yang dilindungi. Artinya, Raimuna Nasional mengajak anggota Pramuka peduli pada isu-isu lingkungan. (BDN/MSA/AK)

Tinggalkan Komentar