JAKARTA – Presiden RI Kak Joko Widodo membuka kegiatan Raimuna Nasional XI 2017 di Cibubur, Jakarta Timur, sekaligus mengikuti serangkaian upacara Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka ke-56, Senin 14 Agustus 2017. Di depan 15.000 peserta dan para tamu undangan, Jokowi mengucapkan selamat Hari Pramuka dan mengajak angota Pramuka disiplin menggunakan media sosial.

“Walaupun usia Pramuka semakin bertambah, tapi saya minta semangatnya harus tetap muda, harus tetap produktif dalam berkarya, terus inovatif, kreatif dan harus menjadi yang terdepan menjaga NKRI,” ujar Kak Jokowi.

Presiden mengatakan, tugas berat ada di pundak generasi muda Pramuka. Sebab, Pramuka saat ini berada di era melenial, di mana cara berfikirnya berbeda dari generasi sebelumnya. “Mereka adalah generasi yang adaptif dengan kemajuan teknologi, generasi yang sangat inovatif dan kreatif,” katanya.

Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka ini berpesan kepada Pramuka agar tidak berfikir linier, monoton dalam menghadapi berbagai tantangan global. Jokowi juga meminta Pramuka tidak hanya terampil mendirikan tenda dan membuat tali temali, tetapi juga harus bisa menguasai teknologi dan melek media sosial.

“Kita harus mendidik adik-adik Pamuka bukan saja latihan baris berbaris, cara membangun tenda, atau membuat simpul tali saja. tetapi juga harus memandu adik-adik Pramuka dalam disipilin menggunakan media sosial yang positif dan yang produktif,” jelasnya.

Jokowi menekankan agar Pramuka bisa cepat beradaptasi dengan era generasi melenia. Aktif di media sosial untuk menyebarkan kepentingan Bangsa dan Pramuka adalah satu tugas yang harus dilaksanakan Pramuka.

Selain Presiden Jokowi, pembukaan Raimuna Nasional juga dihadiri Presiden RI ke-5 Kak Megawati Soekarnoputri, Panglima TNI Kak Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Kak Tito Karnavian, Menteri Kominfo Kak Rudiantara, Menpora Kak Imam Nahrawi, Seskab Kak Pramono Anung, Mendikbud Kak Muhadjir Effendi, Menteri Kesehatan Kak Nila F. Moeloek, Kepala Staf Angkatan Darat Kak Mulyono dan Kepala Staf Angkatan Laut Kak Ade Supandi. (HA/AK)

Tinggalkan Komentar