Pertinas SBH Dibuka Kak Syaifullah Yusuf, Apa Saja Kegiatannya?

0
300
Kemah Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional ke-V (Pertinas SBH). Foto: Kak Udin/ Humas Kwaras

Blitar – Kemah Bakti Saka Bakti Husada Tingkat Nasional ke-V (Pertinas SBH) akan dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Kak Syaifullah Yusuf sekaligus sebagai Ketua Kwartir Daerah. Pembukaan berlangsung Senin (17/10/2016) siang, di Bumi Perkemahan Serut Blitar.

“Acara dibuka langsung oleh Kak Iful‎. Rencana awalnya Pak Gubernur Sukarwo, tapi beliau ada acara di Jakarta,” ujar Ketua Dewan Kerja Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Yudha Adhyaksa Senin.

Kak Yudha mengatakan, kemah yang berlangsung sampai 23 Oktober 2016 ini akan diisi dengan kegiatan yang padat, baik di area kemah maupun di luar area perkemahan. Pastinya, kemah ini ditekankan pada bakti masyarakat dalam hal kesehatan dan lingkungan hidup. ‎

‎Kegiatan bakti dalam bentuk fisik nantinya ada penghijauan, pembuatan jamban, pengecekan Poskedes, pengecetan UKS, pemberantasan sarang nyamuk, pemberian makanan tambahan, pembuatan taman TOGA, survei PHBS Rumah Tangga.

Sementara bakti non fisik ada penyuluhan bahan tambahan pangan berbahaya (krida obat), penyuluhan rumah sehat, penyehatan air dan sanitasi dasar (krida bina lingkungan sehat), penyuluhan kesehatan gigi dan mulut, sosialisasi gema pramatik (krida pengendalian penyakit), penyuluhan gizi seimbang, dan penyuluhan TOGA (Krida obat)

‎”Di wawasan kebangsaan ada materi bela negara, BNN, Revolusi mental, Indonesia sehat, Kamtibmas,” tuturnya.

Adapun dalam hal ketangkasan ada juga memanah, mendayung dan air soft gun‎. Peserta juga diajarkan membuat batok kelapa, kerajinan cangkang telor, kerajinan barang bekas, steak pucuk pohon jati.

‎”Ada juga penampilan jaranan, tarik emprak blitar, gamelan, membatik, dan pencak silat‎,” jelasnya. (HA/Humas Kwarnas)

LEAVE A REPLY